Kenakalan Remaja

”KENAKALAN REMAJA SAAT INI”

Masa remaja adalah masa dimana peroide peralihan dari masa anak-anak menuju masa pubertas ditandai dengan beberapa ciri. Baik secara mental maupun fisik. Banyak yang bilang masa remaja adalah masa yang indah,dimana anak remaja harus menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya.

Saat ini zaman semakin maju dengan berkembangnya teknologi dan informasi yang semakin pesat. Begitu pula denga remaja yang saat ini berfikir maju untuk mendapatkan informasi yang ia inginkan. Semakin cepatnya dan berkembangnya teknologi membuat remaja mudah untuk mengakses informasi.

Setiap remaja memiliki karakter dan sifay yang berbeda antara satu remaja dengan remaja yang lain. Saat ini remaja pun mengalami perubahan yang sangat meningkat. Kenakalan remaja sering sekali diberitakan di media televisi maupun media koran.

Kenakala remaja semiakin tahun semakin meningkat misalnya tawuran, kebebasan seks, kriminalitas bahkan penggunaan narkoba. Ini sangat terbukti dengan adanya pemberitaan atawuran antar SMA di Indonesia. Contohnya adalah tawuran antara SMAN 70 dengan SMAN 6 yang belum lagi sedang hangat-hangatnya dibicarakan.

Tawuran yang terjadi antara SMAN 70 dengan SMAN 6 seringkali terjadi bahkan hingga menimbulkan korban jiwa. Entah apa yang ada dalam pikiran mereka sehingga mereka tega melukai hanya karena masalah sepele.

Tawuran yang terjadi bukan hanya dari kalangan SMA maupun SMP tetapi warga kampung yang satu dengan yang lainnya. Misalnya yang terjadi saat ini yaitu tawuran antar kampung lampung. Bahkan kampung Madura pun juga mengalami tawuran yang sama.

Selain tawuran kenakalan remaja saat ini yaitu penggunaan narkoba. Narkoba adalah zat adiktif yang sangat berbahaya bila dikonsumsi dan sangat berbahaya untuk tubuh. Berjuta-juta zat yang terkandung dalam narkoba. Tercatat di dalam BNN (Badan Narkotika Nasional) yang telah mengkonsumsi narkoba sebagian besar adalah pemuda yang sangat belia. Mereka mengkonsumsi barang tersebut dengan berbagai alesan.

Banyak pendapat dan alesan yang merka kemukan untuk menggunakan barang tersebut. Dari yang hanya ingin coba-coba sampai yang broken home. Mereka juga mengaku mendapatkan barang tersebut dengan sangat gampang. Bila mereka tidak memiliki uang mereka melakukan tindak kriminal yaitu mencuri uang teman bahkan orang tua mereka sendiri.

Begitu pesatnya perkembangan narkoba dan jalur tranaksinya sehingga para pemuda dapat mengakses dan mendapatkan barang tersebut dengan mudah. Mereka yang semulanya hanya coba-cobadengan mudahnya mereka meng’iya’kan.

Pemuda zaman ini bener-benar sangat terpengaruh oleh adanya informasi-informasi yang mereka dapatkan. Dan mereka tidak menyaring lagi sejauh mana informasi yang harusnya ia dapatkan

Budaya barat yang datang dan didapatkan oleh pemuda-pemud terutama pemuda indonesia memiliki sisi negatif dan positif. Begitu banyak sisi positif maupun negatif. Seperti pakain-pakain yang seharusnya tertutup tetapi mereka menggunakan pakain yang terlalu vulgar.

Pemuda indonesia adalah penerus bangsa Indonesia dimasa yang akan datang. Tetapi kalau pemudanya tidak mendapatkan pengajaran yang baik tentunya mereka tidak akan bisa menjadi Generasi Muda penerus bangsa. Pemuda atau generasi muda adalah orang yang telah beranjak dewasa dan telah diberikan beban untuk membangun bangsa ini menjadi lebih baik.

Generasi muda tentunya sangat berperan penting dalam pembangunan negara saat ini tanpa adanya generasi muda pasti pembangunan tidak akan berjalan lancar. Maka dari itu generasi pemuda harus diberikan pengarajan dan pendidikan yang layak sehingga pemuda dapat membangun negara ini dengan baik dan bijaksana.

Selain orang tua tentunya generasi pemuda juga perlu menanamkan diri dengan nilai-nilai yang positif. Pemerintah pun seharusnya ikut andil dalam pendidikan dan menanamkan nilai-nilai positif yang seharusnya diberikan kepada genersi muda.

Generasi muda yang baik seharusnya juga mau mencari-cari informasi yang banyak agar pengetahuan mereka lebih luas. Generasi muda pun seharusnya memiliki kreatifitas yang tinggi,dengan adanya kretifitas tentunya para generasi muda akan mengembangkan dan terus dikembangkan apa yang mereka temukan dan tentunya berguna untuk dia sendiri orang lain bahkan bangsa dan negara.

Saat ini generasi muda telah membuktikan bahwa mereka layak dan mapu untuk membangun bangsa dan negara ini. Contohnya adalah SMK yang telah mampu menciptakan robot-robot yang dapat bersaing di dunia Internasional. Contoh lainnya adalah SMK yang mampu merakit pesawat dan mobil.

Dengan adanya pembuktian tersebut seharusnya pemuda-pemuda yang lain menjadikan mereka sebagai motivasi yang dapat memacu mereka untu dapat berbuat yang lebih dan bermanfaat untuk kita semua.

Generasi muda perlu mempunyai jiwa yang kreatif,disiplin, berani mengambil resik, optimisi, kegigihan yang tinggi serta sikap positif lainnya. Dengan adanya sifat tersebut tentunya generasi muda lebih berani dan mampu membangun dan membawa bangsa ini menjadi negara yang maju dan kaya akan sumber daya manusianya.

Pemerintah juga harus berperan penting dalam membangun kepercayaan para generasi muda dengan cara memberika pengajaran dan pendidikan yang layak untuk para generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa indonesia. Tidak lupa pula membangun lapangan pekerjaan yang luas dan banyak untuk para generasi muda yang saat ini megalami peningkatan pengangguran yang tinggi.

Generasi muda pun harus mulai berfikir dewasa bahwa mereka telah diberian beban untuk membangun negeri ini menjadi lebih baik dari sebelumnya. Siapa lagi yang akan menggantikan pemimpin saat ini kalu bukan oemuda saat ini. Kenakalan rema yan terjadi akibat perubahan zaman ini .

Seharunya remaja Indonesia bersikap kreatif dalam menangkap sesuatu yang baru agar mereka benar-benar tidak terpengaruh dalam kenakalan yang terjadi saat ini. Peran serta orang tua pun harus benar-benar ikut dalam memperhatikan perilaku anaknya.

Pemuda pun harus ditanamkan ilmu-ilmu agama yang lebih mendalam maka dari itu sejak dini para anak sudah dibekali ilmu agama yang cukup untuk mereka kedepannya nanti. Diberikan pencerahan yang berbau akibat-akibat yang mereka timbulkan bila mereka melakukan yang telah dilarang agama.

Tidak lupa pula mereka harus rajin sholat dan berdoa agar diajauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan dan didekatkan pada hal-hal yang baik. Dengan cara seperti itu Insya ALLAH mereka akan dilindungin oleh Allah SWT. Dan tidak lupa pula mereka terus berdoa.

Author:

be the best

Leave a comment